EKSIM (Dermatitis): Penyakit Kulit yang Menyerang Semua Usia

Definisi Eksim

Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak umur diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan. Akan tetapi bila eksim tidak diobati akan mengakibatkan terjadinya borok dan bisa menjalar ke setiap kulit yang belum terinfeksi. Gejala sederhananya ditandai dengan timbulnya warna kemerahan pada kulit.

Eksim juga dapat muncul akibat alergi. Gangguan ini disebut eksim bila sudah menimbulkan bekas yang menghitam, tebal, gatal, dan seringkali kambuh. Eksim biasanya juga menyerang daerah tubuh tertentu, sedang alergi dapat menyerang seluruh tubuh atau berganti – ganti. Dengan mengamati secara cermat mengenai makanan, pakaian, tempat, obat, kosmetik, atau benda yang disentuh, anda akan dapat mengenali pencetus alergi yang anda alami. Dengan menghindari benda-benda atau pencetus alergi ini, anda dapat menghindari serangan gatal-gatal tersebut

Gejala Eksim

Gejala yang utama adalah rasa gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.

Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim adalah :

  1. Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.
  2. Rasa gatal terutama terasa pada malam hari.
  3. Akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang akan disertai dengan pembengkakan.
  4. Eksim akan sangat cepat sekali penularannya pada kulit yang lain.
  5. Eksim dapat dibedakan menjadi 2 yaitu eksim kering dan eksim basah. Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal. Sedangkan pada eksim basah kulitnya akan tampak merah, bengkak, melepuh, dan basah, timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.
  1. Daerah-daerah yang sering terjangkit penyakit eksim adalah : pada sela-sela jari tangan atau kaki, dan daerah-daerah lipatan tubuh, seperti sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher. Penyakit eksim sering terjadi secara berulang-ulang atau kambuh, oleh karena itu harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alegi (alergen).

Penyebab Eksim

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Tiap tiap orang mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk.

Meskipun penyembuhan eksim sangat sulit dilakukan, namun pada banyak kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Gaya hidup  ikut berperan penting lho dalam menyuburkan jamur Eksim pada kulit. Faktor luar yang menjadi pemicu utama berjangkitnya penyakit kulit seperti eksim ini adalah alam tropis Indonesia yang sangat panas dan lembab. Ini menyuburkan semua penyakit kulit, karena badan kita lebih sering mengeluarkan keringat. Kegemukan, stres, penyakit menahun seperti TBC atau Diabetes Mellitus, dan status sosial ekonomi yang rendah juga dapat menjadi pemicu datangnya penyakit eksim.

Pencegahan Eksim

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh para penderita penyakit eksim adalah :

  1. Jangan terlalu sering mandi (karena kalau terlalu sering basah maka akan susah keringnya) atau bila perlu di lap saja.
  2. Bila akan mandi gunakan air hangat-hangat kuku (jangan terlalu panas).
  3. Hindari pengunaan sabun pada daerah yang terserang eksim karena bila daerang yang terserang eksim terkena sabun maka akan teriritasi.
  4. Hindari kontak dengan kain atau selimut yang terbuat dengan wol, pakailah pakaian yang bersih, tidak ketat dan meyerap keringat.
  5. Bila eksimnya dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu, maka hindari makanan tersebut.
  6. Jangan menggunakan sabun atau deterjen yang keras.
  7. Hindari penggunaan zat-zat kimia seperti kosmetik dan obat-obatan yang terlalu keras terhadap kulit.
  8. Jaga keseimbangan berat badan, orang yang mempunyai berat badan lebih, apalagi sangat gemuk lebih banyak berkeringat dan mempunyai gesekan pada lipatan kulit yang memicu jamur kulit.
  1. Dan yang paling penting jangan menggaruk. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda. Sebaiknya guntinglah kuku pada orang yang mempunyai penyakit eksim agar luka tidak terinfeksi oleh kuman.

Pengobatan Eksim

Tujuan utama dari pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Dari berbagai sumber.

 

54 thoughts on “EKSIM (Dermatitis): Penyakit Kulit yang Menyerang Semua Usia

  1. saya sudah brp kali berobat di RS… tp dikasih resep salap, 2 minggu kemudian eksim sya hlang… trus salap yg diksih dokter tdk mempan lg… gmn cra spy eksim sy hlang? apkh dah solusinya??? sya pngen sperti dlu lagi… terima kasih..

    • Selamat sore Mbak Stevani…
      Begini Mbak yang saya ketahui eksim itu memang bisa kambuh. Faktor pemicunya banyak bisa karena higieny yang kurang baik, stres bahkan karena sabun yang tidak cocok sehingga eksimnya menjadi kering dan tambah gatal (untuk eksim kering). Apabila salep yang dikasih dokter sudah tidak mempan ada baiknya mbak berkonsultasi lagi dengan dokter kulit langganan mbak. Nanti bisa ditambahkan atau diganti resepnya. terimakasih… :D

  2. waktu kecil, selama 6 tahun, saya menderita eksim di kaki saya sampai-sampai saya tidak boleh makan banyak makanan yang sebenarnya dibutuhkan untuk anak seusia saya waktu itu. berbagai pengobatan telah dilakukan mulai dari kedokteran modern hingga pengobatan tradisional. tapi tidak pernah sembuh.

    sampai suatu hari nenek saya mengambil beberapa lembar daun katu kaliliria/ sridia (biasa sipakai untuk merem pisang agar matang oleh petani dan biasa jadi inang bagi tanaman lada dan vanili). nenek saya lalu mencucinya, memnghaluskannya di telapak tangannya hingga muncul busa dan busa itulah yang dibalurkan ke eksim saya, lumayan mengering dan mengurangi efek gatal.

    terakhir, saya pakai salep namanya Betason-N, dan yang pasti saat eksimnya belum smebuh hindari makanan laut dan segala macam makanan yang menyebabkan kambuhnya alergi dan gatal pada kukit.

    demikian…

    • benar sekali, saya juga dari kecil tidak pernah sembuh dengan penyakit ini. cuman bisa dihindari dari sumbernya aja, dan semakin dewasa malah eksim saya tambah parah dan menyebar kemana – mana. ada baiknya juga melakukan test alergi untuk mengetahui sumber akar permasalahannya dan kita menghindari sumber penyababnya, saya secara pribadi alergi dengan sabun detergen, sabun pencuci piring, dan sabun pembersih ruangan serta segala jenis sabun yang berhubungan dengan kebersihan “Rumah Tangga” juga makanan yang paling banyak diminati orang yaitu coklat (bisa sembuh sie, kalau mau selama satu tahun disuntuik ekstrak coklat biar tubuh menjadi kebal (khusus yang punya alergi makanan)). jadi cukup dengan tidak makan coklat dan tidak melakukan kontak langsung dengan penyebab alerginya, maka semuanya akan normal.

  3. kalau eksim yg hanya merah dan tidak gatal itu gmn ya?
    tp letak nya tidak pd lekukan di tubuh tp ada nya pd punggung.
    saya udh minum obat dan pakai salep tp knp ilang beberapa hari lalu timbul lg?

  4. saya mendrita eksim dikaki, keadaannya sudah mulai memar dan bersisik. saya sudah memakai krim Betason-N tp tidak sembuh juga.. kira2 obat apa yah yg bisa buat eksim saya sembuh??

    • saya dulu sewaktu kecil sampai saya sma penderita eksim basah…segala obat sdh saya pakai tapi tidak manjur, sampai ada seseorang yg memberitahu saya untuk memakai kulit kambing dan Alhamdulillah sampai sekarang eksim tersebut tdk kambuh lagi…kulit kambing tersebut dibakar sampai hangus dan dihaluskan, cara pakainya minyak goreng dicampur dgn bawang merah yg dimemarkan dipanaskan lalu dioleskan pada eksim ( tapi jgn terlalu panas, hangat 2 kuku saja ) kemudian taburkan kulit kambing yg telah dimemarkan tadi diatas eksim yg telah dioleskan minyak goreng tadi ( taburkan agak banyak ) tekan 2 agar kulit kambing tersebut menempel dikulit yg terkena eksim…biarkan kulit kambing itu menempel jangan dibersihkan…oleskan minyak yg dicampur bawang tadi sehari 4 kali (minyak dipanaskan terlebih dahulu sebelum dioleskan ke eksim yg sdh ditaburi kulit kambing tadi) biarkan kulit kambing jangan di bersihkan sampai eksim tersebut mengering….jika kulit kambing tersebut rontok tambahkan lagi sampai agak tebal…..selamat mencoba semoga sembuh

    • Saya juga mengalami eksim. Udh pake salep hydrokortison ga sembuh juga. Akhirnya saya konsultasi lg kedokter dikasih salep dermovate+celestamine hasilnya sembuh tapi 1bulan kemudian kambuh lagi

  5. dengan cara apa biar tidak terlalu kering tangan saya ini dan bagaimana solusinya????
    saya jadi malu kalau salaman atau berjabat tangan,,,,dikarenakan tangan saya terlalu kasar….

  6. Saya penderita eksim..awalnya sepertinya gara-gara kulit tangan kering… Eksim saya 2minggu hilang..lalu muncul lagi.. Tipenya eksim basah kayak ada air/benjolan2 di jari tangan,(kadang jari kaki).. Uda kedokter tapi gak sembuh,uda pake salep tetep aja datang-pergi eksimnya…eksim di saya ini bukan yg tipekal gatal..tapi sekalinya digaruk..nagih ehjehhehe… Jujur aja agak malu sih kalo eksimnya kumat.. Dan sebenernya kurang puas krn belum ada penyembuhannya yg tetap bagaimana… Sedih lah bisa kenal eksim..

  7. dulu saya gak alergi, semua makanan bisa dimakan…pokoknya apapun bisa.. namun satu saat di tempat saya dilanda banjir hingga setinggi leher, bahkan lebih.. airnya surut nanti hari ke-3, jadi saya banyak terendam air yang bercampur lumpur. sejak saat itu, sy mulai merasakan gatal-gatal…dan mulai tidak bisa sembarangan makan selain tahu (original, kl sdh pake bumbu tetap alergi). saya sudah pernah pake salep (Genoint, Kalmicetine, CInolon-N, fungiderm, dll), obat cortidex, ocusan. bahkan obat dokter tanpa merek (obat rahasia dokter kulit). gak juga mempan…dia hanya mempan kl puasa makanan yg bikin alergi..tapi gak bisa terus-terusan, bisa kurang gizi. bisa sakit dan mengganggu aktivitas..

  8. Babyku 10 bulan, sdh bolakbalik ke dokter anak, tp sbntr smbuh, tp dtg lg begitu terus, apa iya kena exim? Kasihan gatal2 tiap menit garuk2, boleh minta sarannya?
    Badan, kaki, tangan sdh hitam, tangannya spt melepuh… :(

  9. exim saya juga sudah sangat parah dibagian kaki, sudah berkali2 berobat kedokter tapi kambuh lagi- kambuh lagi, gak tau lagi apa yang harus saya lakukan. exim semakin digaruk akan semakin melebar dan akan semakin membesar dan menghitan. saya hanya mencoba untuk menghindari makan ikan laut…apalagi yang sudah diasinkan, hiandari pemicu gatalnya misalnya telur, ikan tongkol.

    Saya sudah capek berobat tapi gak juga sembuh. semoga Allah memberikan kesembuhan pada penyakit exim ku ini amiiinnnn….

    • pakai kalpanak gan sembuh serius cuma perihnya minta ampun tapi beneran sembuh total g kambuh, ane pernah kna pertamanya cm titik merah di lipatan paha, tiba2 nyebar kaya peta gitu jd gede banget pinggirannya merah gatalnya minta ampun saya k dokter katanya eksim gan d ksh salep g smbuh krn mls pake kali y, ud sebulan saya jengah akhirnya beli kalpanak pake deh 2 minggan rutin pkonya shari 4 kali dosis banyak perih banget, eh sembuh total dan kjdian itu sktr pas ane kelas 2SMP skrg ud 22 taun umur ane g pernah muncul lg eksimnya aman,, asal rutin klo kaya gitu mah pasti sembuh

    • Betul aku juga aduh rasanya mau nangis kalo mikirin padahal udah ke 5 dokter rata2 profesor tetep aja aduh gak tau gimana harusnya

  10. Obat Eksim Gold-G Sea Cucumber aman dan tanpa efek samping dapat dikonsumsi segala usia mulai anak-anak sampai dewasa.
    Gold-G Sea Cucumber dalam istilah sehari-hari disebut Timun Laut atau Teripang / Gamat adalah bahan makanan yang berasal dari laut di Asia (Pulau Langkawi, Malaysia).
    Keistimewaan Gold-G Sea Cucumber dibandingkan Teripang pada umumnya: Merupakan species terpilih dari 1000 species teripang di dunia. Jenis species terpilih ini memiliki warna keemasan (golden) dan sejarah sejak ratusan tahun yang lalu telah membuktikan manfaat dan khasiat dari teripang ini untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

  11. mbak……….
    setelah sya selesai mandi dilaut saya kok…! merasa gatal-gatal. apakah penyakit itu termasuk penyakit eksim mbak… atau tidak tolong dijelaskan dan apa obatnya

  12. knapa ko eksim udah sembuh,trus gatel lagi terus menerus,yang paling parahnya kalo malem suka gatel tp gak kerasa di garuknya,pas bangun udah pada luka.

  13. Pingback: EKSIM (Dermatitis) | cungkringgg's

  14. sidik jari jempol tangan q gak keliatan lg, kulit.a mengelupas2 n gak muncul2 lg, malah berlipat garis2, terasa kering jempol.a, klo udah kena deterjen tambah mengelupas n perih, keluarga q punya riwayat asma

    itu dermatitis yakk?? bisa sembuh total kah

  15. anak saya udah 4 bulan berobat ama dr.kulit tapi blm jg sembuh pahal dia mau msk sklah sd. penyakitnya itu kayak cacar air. kalau udah pecah itu akan timbul bengkaknya di sekeliling pecah itu apakah ada obat atau tdk mohon penjelasannya trima kasih

    • Saya pernah pake caladine cair, kulit jd adem dan lumayan sembuh… tp tetep aja kambuh lagi… klo pke sabun sulfur kulit malah jd tmbh kering dan gatal…
      Biasanya saya pake Diprosone krim.. cepet keringnya ^^

  16. Kulit kaki kanan kiri istri saya menghitam semakin hari semakin lebar, itu gejala penyakit apakah hanya kuman / bakteri ( Eksim ). Mohon solusi dan obat apa yang bisa menyembuhkannya. Terima kasih.

  17. saya terkena eksim mulai tahun 1992 ampe sekarang gak sembuh juga…..rasa nya stres berat..minder…….udah pake obat apa aja…gak sembuh juga…..minta solusi nya dong

    • Sama kaya aku,,,,beli aja salep dexocort ma tablet ceterizen belinya di apotik kimia farma,,,,kalo salepnya dipake sesering mungkin kalo ceterizennya 3x sehari alhamdulillah aq sembuh,,,tinggal bekasnya aja,,,,semoga lekas sembuh ya

  18. susah bnget ngilngin yg nama nya eksim……puluhan dokter spesialis kulit aja gak mampu mngatasi nya……bener bener kejam…….bila ada info obat yg manjur….hubungi aku….081532265794…..mohon bantuan nya

  19. Beli obat namanya salep dexocort dan ceterizen tablet,,,,pake salep tipis2 sesering mungkin dan minum ceterizene tablet 3x sehari saya sembuh alhamdulillah,,,,belinya di apotik kimia farma,,,,,

  20. anakQ umur 7 bulan menderita gatal sejak umur 2,5 bulan merah,gatal berair lalu bersisisk ,tolong Bapak ibu mungkin ada resep bisa sms/telpon ke 081342 575 082 sebelumnya terimah kasih bantuannya.salam

  21. mau tanya, kalau bentol2 terus merah2 meradang it termasuk exim juga? terus bentolnya berisi air gth? :( gatalnya minta ampun :'(

  22. Sebelumnya terima kasih kpd admin dan tmn2 lain yg sudah berbagi..saya memiliki eksim sejak di bangku smp, hingga saya kuliah dan ketika beberapa hari menghadapi sidang skripsi eksimnya bertambah parah (sangat parah) yang tadinya kecil menjadi menjalar ke hampir seluruh leher (tingkat stress sepertinya berpengaruh), berobat ke dokter spesialis kulit beberapa kali tetapi kurang memuaskan. Ada satu dokter menyarankan agar saya berhenti memakai cream (atau obat apapun yg sedang dipakai) karena saya ketergantungan terhadap obat tsb (minimal selama 2 minggu). setelah krg lebih 3 minggu tanpa pengobatan apapun kulit leher saya semakin kering melepuh, setelahnya kemudian kembali konsultasi terakhir diberi cream teratpeutic CARMED urea 10% hasilnya bagus, eksim di leher saya hilang, tetapi dalam jk wktu 2 bln kemudian kambuh lagi dan parahnya cream yg tadinya manjur jd tdk mempan, setiap dioleskan sesudah mandi kulit terasa gatal dan sedikit panas + timbul bentol2 kecil…

    Tuhan jika memang penyakit ini harus menimpa kami maka kuatkankanlah kami…

  23. Coba KLODERMA Cream buatan SDM (klobetasol propionat 0,05%), saya juga mempunyai eksim basah namun setiap kambuh saya oleskan cream tersebut 2-3 kali sehari dlm 2-3 eksim saya sembuh.

Silahkan komentarnya disini... ^^

