Memar Karena Kecapaian???

Ga tega nampilin gambar memarnya.. jadi nampilin yang berantem aja deh. fufufufu

Pernah nggak  punya pengalaman memar di kaki atau tangan yang timbul sendiri (bukan karena habis berantem,dipukulin atau jatuh)? Bercak biru atau memar ini memang hilang sendiri setelah 3 atau 4 hari, tapi auuuwww… rasanya sampai ‘njarem’.

Pengalaman memar tanpa sebab ini sudah saya alami sejak SMA (sebenarnya baru sadarnya SMA). Waktu itu hampir mendekati UAN, kaki kanan maupun kiri saya lebam sampai sulit untuk berjalan. Kalo mau ke dokter rasanya masalahnya sepele sekali. Ternyata pengalaman ini terus berlanjut sampai saya kuliah. Fiuuuhh… akhirnya saya berkonsultasi pada dosen saya yang juga seorang dokter. Setelah dikonsultasikan , menurut beliau perhatikan daerah yang gampang sekali timbul memar. Misalnya menyenggol sesuatu yang ringan saja bisa timbul memar. Bila memang seperti itu lebih baik periksa ke rumah sakit bagian hematologi.

Kemungkinan (ini masih mungkin loooh, jangan takut dulu) karena kurang faktor pembeku darah. Menurut artikel yang saya baca, Memar dibawah kulit secara spontan tanpa ada benturan keras berarti adanya darah yang merembes keluar dari kapiler pembuluh darah dan tampak sebagai memar dibawah kulit. Kemungkinannya ada 2 yaitu, masalah pada pembuluh darah atau pada darah itu sendiri. Dinding kapiler dapat menjadi renggang sehingga darah dapat merembes keluar.

Penyebabnya macam-macam, bisa karena infeksi virus, zat kimia atau kelainan genetik. Sedangkan kelainan pada darah yang menyebabkan konsentrasi darah menjadi encer atau komponen darah menjadi rusak sehingga molekulnya menjadi halus dan dapat melewati celah-celah pada dinding kapiler pembuluh darah dan penyebabnya juga banyak.. Nah, yang dikhawatirkan, jika dibawah kulit saja bisa muncul memar secara spontan, kemungkinan di organ-organ dalam yang memiliki jaringan yang lebih longgar dibandingkan kulit dapat lebih mudah terjadi memar.

Umumnya semakin beranjak tua, seseorang akan mudah mengalami memar terutama pada wanita. Ada beberapa obat dan makanan yang dapat menyebabkan mudah memar, seperti aspirin dan warfarin juga clopidogrel (Plavix) yang dapat mengurangi kemampuan darah untuk membeku. Salah satu pengaruh obat ini adalah pendarahan akibat kerusakan kapiler yang normalnya cepat berhenti akan menjadi lebih lama sehingga darah lebih banyak keluar dan menyebabkan memar. Selain itu kortikosteroid juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis sehingga lebih mudah memar.

Sementra itu makanan tertentu seperti minyak ikan, jahe juga bawang putih (untuk bawang putih, saya diperingkatkan jangan terlalu banyak mengkonsumsi) juga dapat meningkatkan risiko memar.

Saat memar mengindikasikan masalah yang lebih serius, seperti masalah pembekuan darah atau adanya penyakit darah, saran saya segera periksakan ke dokter.  Temui dokter bila terjadi hal berikut:

* Memar yang terjadi tidak seperti biasa, memar besar atau terasa sakit, khususnya bila memar tersebut tidak diketahui penyebabnya.
* Anda mudah memar dan mengalami pendarahan lainnya seperti mimisan, gusi berdasar atau saluran pencernaan.
* Anda tidak pernah mengalami memar tetapi tiba-tiba mengalami memar, khususnya bila baru saja mulai mengkonsumsi pengobatan baru.

Hal tersebut menandakan dan dapat menjadi gejala bahwa Anda memiliki kadar yang rendah atau fungsi yang tidak normal pada platelet (komponen dalam darah yang membantu pembekuan darah setelah luka). Untuk mendiagnosa penyebab memar, dokter akan melihat kadar platelet darah atau kemampuan darah untuk membeku.

Mencegah memar

Saat memar terjadi, tidak banyak yang dapat dilakukan. Memar tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tapi bila disertai pembengkakan, maka lakukan kompres dingin selama 20 menit pada area yang memar. Dapat juga dengan mengoles salep hrombophob atau cara jadul lainnya adalah dengan mengoleskan beras kencur yang sudah ditumbuk halus pada area yang memar. It’s Works… hehehe

Moga bermanfaat yaaaa……..

Sumbernya ada sebagian dari sini

60 thoughts on “Memar Karena Kecapaian???

  1. Ini memar yang sama yang dialami oleh istri saya, biasanya memar ini muncul setelah beraktifitas berat seharian. Pernah beberapa waktu yang lalu sewaktu adik saya menikah dan acaranya berlangsung 3 harian sampai-sampai gak ada waktu istirahat, nah setelah itu saya melihat ada bekas memar di kaki istri saya, kirain habis jatuh atau terbentur sesuatu, setelah saya tanya “memang seperti ini saya kalau kecapaian”. eh ternyata hal ini memang sudah dialami sejak SMA dulu.
    Tengkyu sharingnya neng. ;-)

  2. Berhubung kulit saya hitam, jadi kalopun ada memar itu ga bakal terlihat jelas. Tapi untungnya sih belom pernah ngalamin kaya gini sampe sekarang. Hahahahahha…

    Btw, sampe abis baca, aku saya masih terngiang” sama kata njarem. Baru pertama denger soalnya. Hahahahaha

  3. cuma mengabarkan bahwa saya udah pindah ke rumah baru mas bro… :)

    Sekalian link saya diganti ya menjadi disave,,link mas bro juga udah saya pasang :)

    Ditunggu kunjungan dan komentarnya :)

  4. Hmm…aq pernah denger penyakit ini…
    Berarti kmu udah semakin beranjak tua donk… hehehe… :)

    Tapi tetep aja, aq jg sering banget memar, tapi alami kok (akibat maen futsal). Biasanya pake salep Counterpain, tapi sembuhnya lama, bisa sampe 1 minggu lebih.

    Salam kenal. Ditunggu kunjungan baliknya.

  5. aku jg ngalamin hal yg sma, sbnrnya sejak sma, tp skarang makin parah..kayak hbs berantem atw korban KDRT. Padahal kena benturan dikit, tp aneh skitnya cm sikit. Tp besar bgt…kdng ampe malu….

  6. Mbak saya dah seminggu nih tiba2 muncul memar2 dikaki kanan kiri,saya tekan memarnya terasa da benjolan seperti digigit semut gt dan terasa sakit,apakah pengaruh dr obat yg saya komsumsi krn saya menderita mastitis dipayudara,tapi saya sudah minum obat selama 3 bln,apa da hubnganya memar yg br muncul seminggu ini.terima kasih atas jawabanya

  7. Ya mbak saya sering banget ngalami memar di kulit dan gak tahu apa penyebabnya,tp sekarang saya sudah tahu karena baca blognya mbak.Thank’s y mbak!

  8. anak saya sekarang sdh usia 3th,sejak umur 8bln sdh ada gejala biru seperti itu, dokter RSCM bilang dia hemofilia, hingga saat ini saya masih selalu cari alternatif utk menghindari medis yg khawatir disuntik karena trauma,dan juga biaya,…mohon dibantu info jika ada sejenis herbal / lainnya, dan tolong jelaskan mengapa sebenarnya penyebab hemofili tsb, . tks

  9. saya mau tanya akhir2 ini saya jd mudah memar, dan parah nya lagi bekas memar nya aga sulit utuk dihilangkan, jd bekas biru nya masi ada,, memar yg terjadi sm saya sgt sepele… Cuma hanya kepentok meja atau benda tumpul ditunggu bsk pasti lngsng biru.. Padahal setiap memar saya rutin mngunakan thrombopob tp memar nya lama skali utk hilang bisa sampai 1 minggu lebih bru hilang, kalau itu gmna ya? tq

  10. saya juga sering banget ngalamin memar bgt…. dipaha yg sering,cuma kemarin tumben tuh ditangan kanan kiri jg ada, lama lg br ilang seminggu msh ada.

  11. Mohon ijin berbagi info penyakit saya, saya divonis dokter mengidap penyakit kelainan darah faktor II deficiency setelah menjalani cek darah khusus. Saya sering mengalami internal bleeding (pendarahan didalam) terutama kalau kecapekan ataupun anggota badan terbentur dan juga kalau menyikat gigi terlalu keras. Saya sudah kebeberapa dokter hematology bahwa penyakit tsb belum ada obatnya. Saya dianjurkan mengkonsumsi vitamin K kalau terjadi pendarahan. Demikian mudah mudahan berbagi info ini ada manfaatnya. Terima kasih.

    • Di apotik dapat dibeli bebas harganya murah kalau tidak salah sekitar Rp 300 an pertablet. Dosisnya harus ditanyakan kedokter. Sebaiknya dikonsultasikan kedokter darah terlebih dahulu.

  12. sy jg mudah memar, bukan krn tersenggol sesuatu tp jg tiba2 aja muncul memar. bpk saya jg jd sy pikir ini keturunan…dokter bilangnya pembuluh darah sy rentan koyak…jd mudah biru or memar2. Makasih infonya…

  13. Thanks y info_y
    sya jga mnglami memar merah di kaki kadang dkaki kiri n kadang dkaki kanan.
    memar muncul stlah sya mlkkan pndtaan yg mngakibatkan kcpean.

  14. Thanks infonya..saya jg akhir akhir ini lbh sering ada memar di paha,tangan,dan kaki yg gak tau sebabnya…mungkin kecapean,mungkn jg sebab yg lain,belom tau….dan 2 hari yg lalu tau-tau muncul memar di paha kiri sebanyak 3 tempat dan paha kanan 1 tempat, barusan di kaki kanan muncul memar lg disertai rasa nyeri..udah dikasih Voltaren Emulgel,biasanya berkurang sakitnya…kl liat info diatas memar bisa pertanda pathoogis,takut juga….baiknya gimanay ya?dianggap biasa aja ato periksa ke dokter??mgkn ada yg bisa kasih saran dan masukan..

  15. aku juga pernah mengalami hal tsb memar tiba-tiba, paling sering di paha dan kaki bahkan sampai warnanya membiru mirip ubi ungu rasanya “njarem” banget hehehe… paling lama sembuhnya sekitar 1 mingguan. Apakah benar itu karena kecapaian aja?

  16. Thanks banget infonya. Sangat berguna sekali untuk saya. Saya juga sering mengalami memar tapi bukan karena kecapaian dan timbulnya bukan hanya di bagian2 tubuh tertentu saja. Memarnya bisa muncul di mana saja. Biasanya disertai dengan pembengkakan atau benjol. Kalau orang lain memar bisa hilang dalam 2-3 hari, saya butuh 5-7 hari memar baru hilang. Kadang benturan ringan bisa membuat memar yang cukup besar dan lama hilangnya sekitar 2-3 minggu. Dulu saya pikir itu bukan masalah serius tapi setelah membaca artikel di sini, sepertinya saya memang harus memeriksakan diri ke dokter untuk tahu penyebab pastinya. Karena di silsilah keluarga saya ada yg mengalami thalasemia. Saya tidak tahu itu berhubungan atau tidak. Tapi memang sepertinya lebih baik saya periksakan ke dokter.

  17. Sy kaget ketika mandi pgi2 ada memar yg sangat jelas agak kehitaman di pangkal tangan kiri padahal tdk pernah ada benturan sebelumnya, makanya sy nyari artikel yg ada infonya ttg memar tanpa sebab….. rupanya kasus seperti itu sering terjadi pd beberapa orang….klo sy baru ngalamin …jadi cukup kaget juga

  18. Dulu aunty saya sering muncul memar-memar di tubuhnya. Kemudian karena kejadiannya sering dan yg muncul banyak, diperiksakan ke ahli medis. Waktu itu ahli medis mencurigai sesuatu, dan menyarankan untuk periksa darah. Setelah cek darah dan menjalani pemeriksaan yg lebih serius, ternyata aunty saya didiagnosa leukimia.

  19. Ini yg sering aq alamin.. beuuuh rasanya kalo d pke jalan sampe pincang gitu.. macam dance hip hop hahaha
    Makasi ya infonyaa.. bermanfaat sekali, akan aq coba deh periksa in ke dokter..

    Bila berkenan, kunjungi blog saya juga ya..
    Agnesanggunkinanti.blogspot.com
    Makasii

  20. Senin kemarin saya sm keluarga liburan di villa, jarak antara tempat parkir dengan villa ngga terlalu jauh, tapi menanjak miring, saya sampai mau pingsan, besoknya sepulang dari villa di betis dan tungkai muncul bercak biru keunguan, bahkan yang ditungkai sampai bengkak dan memar melebar, padahal tidak jatuh atau terbentur, sampai sekarang belum hilang. Sebelumnya juga saya kadang mengalami biru2 walaupun ngga melakukan aktivitas yg berat, dan biasanya 3-4 hari hilang. Apakah ini tanda2 penyakit berbahaya?

Silahkan komentarnya disini... ^^

