LASIK

“Aiih… aiih mahalnya….!!!!”

Mungkin semuanya akan berkata seperti itu bagi yang memiliki kantong tipis dan kempes, sama halnya juga dengan saya. Status saya sebagai mahasiswa yang masih ikut hidup 100% dengan orang tua, membuat harapan untuk memiliki mata normal dan indah hanya sekedar harapan. Ya tentunya harapan suatu hari saya lulus kuliah dan bekerja sehingga bisa mengumpulkan pundi-pundi uang untuk me-lasik mata saya yang sudah minus dari SMP.

Beberapa kali saya sempat cari-cari informasi mengenai lasik ini, mulai dari tempat, efek samping, syarat-syarat dan yang pasti biaya. Oke langsung saja yaah… mudah-mudahan bisa menambah informasi bagi kawan-kawan yang juga bernasib sama dengan saya.

Lasik ( Laser In-Situ Keratomileusis) merupakan salah satu prosedur dari bedah refraksi yang bertujuan untuk memperbaiki penglihatan seseorang dengan mengubah  bentuk kornea sehingga sinar datang sejajar kedalam bola mata difokuskan tepat di retina dan tidak diperlukan lagi pemakaian kacamata maupun lensa kontak. Lasik ini merupakan prosedur bedah refraksi yang terbaru, automatic terkontrol oleh komputer yang hanya perlu waktu 10 – 15 menit. Prosedur ini tidak sakit, dengan penyembuhan yang cepat.

Syarat Calon Pasien:   

  • Penderita berumur 18 tahun keatas.
  • Kelainan refraksi mata stabil dalam kurun satu tahun terakhir
  • Mata dalam keadaan sehat
  • Tidak memakai soft lens minimal 14 hari berturut-turut, atau tidak memakai hard lens selama 30 hari
  • Bersedia kontrol ulang setelah tindakan dilakukan.

 Prosedur Tindakan

Pelaksanaan operasi tidak lebih dari 10 – 15 menit, tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderita, dan paparan sinar laser tidak lebih dari 30 detik. Tindakan ini tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit, tindakan dilakukan dengan pembiusan lokal, sehingga pasien tetap sadar.

Persiapan Pasien

  •  Kesehatan mata pasien akan diperiksa oleh dokter mata
  • Data pasien akan dimasukkan ke dalam komputer dan secara otomatis komputer akan memproses besarnya kelainan refraksi yang bisa diperbaiki dengan menghitung banyaknya sinar laser yang diperlukan.
  • Sehari sebelum dilakukan tindakan operasi diharuskan tidak menggunakan cream, lotion, make up atau parfum yang dapat mengganggu kerja dari sinar laser, atau jika menempel di sekitar bulu mata dapat mengakibatkan infeksi.

Tata Cara Tindakan

  • Penderita akan ditidurkan di meja operasi, dan diminta untuk melihat sinar merah diatasnya selama tindakan berlangsung.
  • Dibuat flap kornea dengan pisau mikrokeratom setebal 130-160 micron ujung flap disisakan sebagai engsel, flap dapat dibuka sehingga kornea bagian tengah lapisan epitel terpisah dengan stroma.
  • Dilanjutkan dengan penembakan sinar laser dingin, sehingga sinar tidak membakar atau merusak jaringan sekitarnya. Selama tindakan ini pasien akan mendengar bunyi alat laser dan bau jaringan terbakar.
  • Flap kornea akan ditutup kembali
  • Mata akan ditutup dengan dop.

Perawatan Pasca Operasi

  • Pasien diminta istirahat 2-3 jam, kemudian akan diperiksa ketajaman penglihatan sebelum dipulangkan.
  • Penderita diminta memakai dop atau kaca mata pelindung sementara.
  • Dokter akan memberikan obat-obatan tetes mata dan penghilang rasa sakit
  • Pasien diminta kontrol keesokan harinya, dan kontrol rutine sesuai jadwal yang ditentukan.

Efek samping yang mungkin terjadi (ini masih mungkin lho,,, mudah2an nggak… jadi jangan parno dulu)

  • Semua tindakan bedah akan mempunyai efek samping, akan tetapi efek samping tindakan Lasik hampir tidak ditemukan, terkadang ada rasa sakit selama proses penyembuhan, umumnya berlangsung sehari setelah tindakan Lasik, oleh karena itu pasien diberikan obat penghilang rasa sakit.
  • Ada kemungkinan masih ada kelainan refraksi, umumnya dapat dilakukan koreksi Lasik ulangan beberapa bulan kemudian yang disebabkan karena over koreksi / kelebihan koreksi; under koreksi / kurang koreksi, regresi atau kelainan refraksi timbul kembali.
  • Ada juga kemungkinan  tidak dapat dilakukan koreksi Lasik ulangan karena kondisi kornea penderita. Sehingga pasien masih memerlukan kaca mata atau lensa kontak, untuk mencapai ketajaman maksimal.
  • Apabila saudara telah memakai kaca mata dekat, setelah operasi Lasik saudara tetap memerlukan kaca mata baca.
  • Pasien dengan tajam penglihatan yang baik terkadang masih dapat terjadi glare / silau, halo atau penglihatan doble pada waktu malam, atau dapat juga tajam penglihatan menurun pada saat  melihat dengan sinar yang kurang terang  atau pada saat cuaca berkabut, setelah operasi Lasik.
  • Beberapa pasien paska Lasik mengeluh mata kering, sehingga mungkin memerlukan tetes mata pelembab selamanya, atau dilakukan penutup saluran air mata seandainya diperlukan.
  • Komplikasi lain yang mungkin terjadi infeksi, kelainan kornea misal erosi kornea,epithel ingrowth.

Biaya

Biaya ini tergantung dari tempat operasi Lasik dan tingkat kesulitannya. Ini perkiraan anggaran untuk operasi Lasik di Indonesia:

Pemeriksaan awal oleh dokter mata: ± Rp. 300.000,-

Harga Lasik 1 mata : ± Rp. 6.000.000,-  s/d  Rp. 8.000.000,-

Harga Lasik 2 mata: ± Rp. 12.000.000,- s/d Rp. 15.000.000,-

Untuk konsultasi pasca Lasik ada juga beberapa klinik mata menggunakan harga paket yang tentunya sudah disertai paket obat, sunglass, dan eye shield perkiraan biayanya ± Rp. 600.000,-

Tempat

Beberapa tempat yang menyediakan fasilitas operasi lasik yang saya ketahui di antaranya:

RS MATA DR. YAP (Jalan Cik Di Tiro No.5 Yogyakarta)

JAKARTA EYE CENTER (Jl. Cik Ditiro 46, Menteng, Jakarta Pusat dan Gedung Graha Multi Jl. Panjang No. 55, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

RS MATA AINI (Jl. HR Rasuna Said Kecamatan Setiabudi, Kelurahan Karet)

Sumber:

http://www.rsmyap.com/content/view/40/39/

7 thoughts on “LASIK

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s