Aaargh… Amnesia !!!

Lupa memang telah menjadi salah satu kekurangan kita sebagai manusia. Tapi apa jadinya kalau lupa itu terjadi pada moment penting dalam hidup. Setelah sekeras apapun mengingat, tetap saja hasilnya nihil. Otak layaknya seperti sebuah lubang yang kosong. File-file memori tersimpan jauh dibelakang sana dan sulit sekali ditemukan.

Ternyata saya salah satunya. Saya memang belum parah betul (amit-amit lah). Saya masih mengingat nama saya, kedua orang tua saya bahkan alamat rumah pun masih saya ingat dengan baik dan jelas.

Saya menyadari ini ketika saya berbincang dengan ‘sahabat dekat saya’, ternyata begitu banyak kenangan bersamanya yang saya lupa. Saya lupa kalau saya pernah makan dikantin FT UGM (di daerah mana dan bentuk kantinnya pun saya lupa), saya lupa kalau saya pernah jalan-jalan dan makan ayam goreng di suatu daerah di Yogyakarta, saya lupa kalau saya pernah ke Pantai bersamanya. Bahkan saya lupa kalau saya sudah ‘bersahabat dekat’ dengannya hampir dua tahun (yang saya hanya ingat hanya 9 bulan). Kemana saya yang satu tahun lalu??

Aah.. waktu itu rasanya sangat sedih. Bagaimana saya bisa lupa. Padahal usia baru menginjak 21 tahun. Masih 40 atau 50 tahun lagi untuk menjadi pikun.

Saya pun mencari tentang Amnesia ini (jangan-jangan saya Amnesia, hiiiiiy). Berdasarkan Kompas.Com, Amnesia adalah hilang ingatan, seperti kenyataan, informasi dan pengalaman. Meskipun hilang ingatan sering digambarkan di film atau televisi bahwa Anda tidak dapat mengingat siapa Anda, dalam kehidupan nyata amnesia umumnya tidak menyebabkan Anda lupa akan identitas diri Anda.

Ada dua bentuk umum amnesia:
•    Lemahnya kemampuan untuk mempelajari informasi baru (anterograde amnesia)
•    Lemahnya kemampuan untuk mengingat kembali kejadian yang lalu dan informasi sebelumnya (retrograde amnesia)

Kebanyakan dari mereka dengan amnestic syndrome memiliki masalah dengan ingatan jangka pendek –mereka tidak dapat menerima informasi baru. Banyak juga yang memiliki beberapa tingat lemahnya daya ingat. Ingatan yang telah lampau seperti hilang, padahal masih ada dan tersimpan secara tidak disadari. Beberapa dari mereka dapat mengingat pengalaman masa kecil atau mengetahui nama presiden sebelumnya, tetapi tidak dapat mengingat nama presiden pada saat ini atau contoh lain adalah apakah mereka sudah sarapan.

Hilang ingatan tidak berpengaruh pada kecerdasan seseorang, pengetahuan umum, kesadaran, perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas. Mereka dengan amnestic syndrome biasanyaa dapat mengerti cara menulis atau berbicara dan dapat belajar kemampuan seperti bersepeda atau bermain piano. Mereka juga dapat mengerti bahwa mereka mengalami gangguan ingatan.

Penyebab:

Amnestic syndrome dikarenakan cedera otak atau kerusakan diketahui sebagai neurological atau organik amnesia. Penyebab yang mungkin neurological amnesia antara lain:
•    Stroke
•  Pembengkakan otak (encephalitis) dihasilkan dari infeksi virus seperti herpes simplex virus (HSV) atau sebagai reaksi otoimun  terhadap kanker dibagian manapun di dalam tubuh (paraneoplastic limbic encephalitis, atau PLE)
•    Tidak cukup oksigen di dalam otak (sebagai contoh adalah serangan jantung, racun karbon monoksida atau sulit bernapas)
•    Penyalahgunaan alkohol dalam jangka panjang yang menyebabkan kekurangan thiamin (vitamin B-1)
•    Tumor pada area otak yang mengontrol ingatan
•    Penyakit penurunan kemampuan otak, seperti Alzheimer’s dan bentuk lain dari dementia

Cedera kepala dapat menyebabkan masalah dalam mengingat informasi baru, khususnya pada tahap awal penyembuhan –tetapi biasanya tidak menyebabkan amnesia yang parah.

Risiko mengalami amnesia akan meningkat jika Anda:
•    Operasi pada otak, cedera kepala atau trauma
•    Stroke
•    Penyalahgunaan alkohol
•    Kejang

Sebagai pencegahan karena kerusakan otak dapat menjadi akar dari masalah amnesia, maka sangat penting untuk mengambil langkah dalam memperkecil peluang ada terkena cedera otak. Sebagai contoh:
•    Hindari penggunaan alkohol secara berlebihan
•    Memakai helm ketika bersepeda atau menggunakan sabuk pengaman ketika menyetir
•    Obati infeksi dengan cepat sehingga tidak menyebar ke otak
•   Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki gejala apapun yang menunjukkan stroke atau aneurysm pada otak, seperti sakit kepala parah atau mati rasa pada satu sisi.

Mudah-mudahan saja, saya nggak beneran kena Amnesia. Hehehehe… Aamiin.. ^^

Sumber gambar dari sini

50 thoughts on “Aaargh… Amnesia !!!

  1. aamiin..hee..
    Wah saya trkadang sering pikun..hehe..ini uda d ctat blum yah..sampe skrng blm ingt..waduhh..
    Tp seremm dahh kaloo amnesia tingkat tinggi..
    Kalo minum kopi itu=bikin ingatan ok ato pikun yah..hehee

    • Hehehe.. itu mah saya sering juga…
      Amit-amit lah ya jangan samapai kena amnesia. ngebayanginnya aja saya serem.

      kata buku yang pernah saya baca, minum kopi pagi hari justru meningkatkan ketajaman berpikir dan proses mengingat ^^

  2. kalo yang pikun di sebabkan kebiasaan itu di sebut apa ??
    contoh nya seperti yang di atas lupa beresin tempat tidur karena di biasain untuk tidak melakukannya !!

    • Hmmm… menurut saya, Anda hanya terkena syndromudamakebajuapabelom, itu tidak termasuk Amnesia. sindrom tersebut merupakan sepupu jauh dari amnesia. jadi Anda tidak usah khawatir. hehehehe

  3. Kalo saya heran dengan orang yang gak hafal nomor hape sendiri.😆
    Bahkan nomor telp rumah sendiri gak hafal.😀

    SAya udah disuruh ngafalin banyak nomor telp ama ortu saya sejak SD, termasuk hape2 sodara. Bermanfaat sampe sekrang.😆

    • Berarti Mas Asop akan heran dengan saya. Karena saya ga hapal nomor hp sendiri, nomor orangtua, nomor sodara sampai nomor ujian. hehehehe

      Baiklah mulai sekarang saya akan berusaha mengingatnya dengan baik. BANZAI!!! hehehe terlalu semangat…

      • Ya elah, serius gak hafal??
        Nanti kalo keadaan darurat gimana dong?😛
        Semisal hape hilang, dompet entah di mana, dan kamu di tempat antah berantah, gimana dong?😐

      • Serius ga hafal.
        Itu mah udah sering Mas. Hape ketinggalan. Kalo dompet belom pernah ilang sih (jangan sampe deh), kalo di tempat antah berantah, tinggal ikutin jalan tadi awal saya dateng. hehehe😉

        Nih udah saya apal nomer hape saya sendiri. Lagi mulai ngapalin nomer hape sodara ma temen deh. hehehe
        Semangat!

  4. Artinya,… saya amnesia? Tak pernah ingat no hp (yg bolak balik ganti), bahkan saat kuliah dulu saya ngga pernah hafal nama dosen wali saya🙂

  5. berarti saya harus banyak2 bersyukur karena diberi daya ingat yang lumayan deh😀
    apalagi angka2, pasti nempelnya lama
    terbukti ketika masih bekerja dulu
    hampir semua no.tel customer yang biasa dihubungi ga perlu liat phonebook lagi😀
    memori lama masih gampang digali,
    moga2 jangan pernah kena amnesia hehehe

    • Alhamdulillah Mba Niq diberi kelebihan sama Allah. Saya saja, kemampuan mengingatnya terbatas. jadi kalau ujian besok, malamnya baru belajar (ngeles biar ga disangka males. hehehehe)

      Aamiin, semoga jangan sampai yang namanya kena amnesia ini.

    • Demensia itu pikun. Pada umumnya Demensia berhubungan dengan usia tua, dimana sel-sel otak untuk kemampuan mengingat sudah berkurang.
      Kalau Amnesia bisa terjadi pada usia berapapun dan tegatung seberapa besar risiko orang tersebut untuk terkena amnesia. misalnya pernah cedera dikepala. (hehehe, ngejelasinnya udah kaya dokter aja)😀

  6. jadi inget pilm memento, si aktor yang terkena anterogade amnesia😀 parah banget dah kocak dah membunuh orang juga dia lupa wkwkw btw ada adsensenya nongol yaa.. apa sekarang wordpress sudah bersahabat dengan javascript..apa itu kemunculan tanpa diinginkan?😀

    • hehehe saya pernah nonton cuplikan filmnya aja. tapi kayanya seru juga ya Kang?
      emang kadang nongol ndiri kok Kang tanpa diinginkan . iklan ga jelas tuh. tanpa ijin empunya. hehehehe

  7. tanya sey, kalo bedanya amnesia sama alzeimer apa ?
    ada filmnya,K-Movie, A Moment to remember kalo gak salah judulnya sey…bagus..🙂

    • Iya Kak, saya juga pernah nonton.
      Tapi ujungnya ga begitu ngeh (tetep di rehabilitasi apa gimana?)

      Setahu saya, kalau Alzheimer itu penyebabnya karena fisiologis (kerusakan saraf otak, gangguan terjadi secara bertahap dan progresif, permanen dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan.
      Sedangkan Amnesia penyebabnya psikologis atau bisa juga cedera kepala seperti stroke, kecelakaan, dll; gangguan terjadi secara tiba-tiba dan drastis, amnesia ada yang permanen ada juga yang tidak (dapat disembuhkan)^^

  8. ya kalo gak salah ending pilemnya ngasih gambaran gimana si cowok itu berusaha untuk terus dampingin disaat ceweknya mulai ‘nge-restart’.

    Ada yang pernah bilang kalo hidup manusia itu adalah perjuangan melawan lupa,
    nah mudah2an hidup kita selalu berada dekat dengan orang-orang yang senantiasa ngingatin saat kita tiba-tiba maupun secara progresif mulai ‘lupa’, ngingatin kalo kita gak sendiri di dunia ini.

    eniwei, nice post sey..
    Salam.

    • Hehehe..betul kak. Sahabat-sahabat ini lah yang senantiasa mengingatkan kalau kita tidak sendirian, kalau lupa, kalau salah, kalau kalau kalau lainnya..😀
      Okei kak, makasih ‘pujiannya’

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s