Yummi-nya Gongso Babat Semarang

Ini tahun k-4 saya menempuh studi di Kota Atlas – Semarang. Hampir separuh kota ini sudah saya kelilingi (walau kadang lupa-lupa ingat jalannya, hehehe). Dari sekian banyaknya jajanan dan hidangan yang berlimpah, mulai dari Lumpia, Bandeng presto, Tahu Gimbal, Mie Djowo, dan kawan-kawannya yang lain, satu yang paling melekat di lidah (ceilaaah) adalah Gongso Babat.

Rasanya piye ya? Babatnya kenyal empuk ditumis dengan bumbu yang komplet ditambah dengan nasi putih yang masih kemepul hangat! Nyam..nyam..

Ciri khasnya adalah rasa pedas dan manis, karena kecenderungan orang jawa suka manis. Akan tetapi bagi lidah saya yang percampuran lidah jawa – sunda, paling suka kalau tidak terlalu manis akan tetapi menggit di lidah dengan rasa pedasnya.

Bumbunya dari yang saya rasakan di dalam mulut (mencoba menganalisa seperti pakar masakan, layaknya Pak Bondan, hahaha) adalah perpaduan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri dan kecap (kalo salah mohon dimaklumin, hihihihi).

Salah satu warung yang menyediakan Gongso babat yang lezat adalah warung Pak Taman di Jalan Stadion Selatan Semarang. Letaknya berdekatan dengan Stadion Diponegoro. Sebenarnya menu utamanya adalah nasi goreng, akan tetapi Gongso babatnya juga tidak pernah luput dari permintaan pembeli.

Terakhir saya berkunjung kesana adalah satu bulan yang lalu. Warung Pak Taman ini siap melayani pembeli mulai pukul 06.30 sampai 16.00 WIB. Sayang, saya tidak sempat mengabadikan fotonya, karena pengunjung cukup banyak saat jam makan siang itu. Jadi pict-nya saya ambil dari Om Google. hehee

Ayooo… siapa yang mau ke Semarang, jangan lupa mencicipi makanan khas Semarang yang satu ini. Akan tetapi bagi penderita Asam Urat harus hati-hati lho..

Cheerz..

NASI GORENG BABAT DAN BABAT GONGSO PAK TAMAN
Jl. Stadion Selatan.
Jam buka: 6.30-16.00.
Kapasitas tmpt duduk: 30 orang.
Kisaran harga: Makan Rp3.000-Rp.11.000, Minum Rp1.500-Rp6.500

51 thoughts on “Yummi-nya Gongso Babat Semarang

    • Menurut Mba veera lebih mirip makanan mana nih? kata saya mah lebih mirip namanya makanan khas Aborigin. Nah loh?! hahahaha

      Kalo gongshow menunya komeng, adul sama arie untung donk… xixixixixi😀

  1. Wah murah2 ya.😀
    Dan itu foto makanannya, aduh bikin ngacay😄

    Oiya, ada sesuatu nih🙂
    zonaiam.com/2011/06/normal-10-hal-tentang-gue.html

  2. bisa dijadikan referensi nich. Selama ini kalau k smarang paling cuman tahun gimbal dan lumpia dan sebagai ole2 bandeng presta juwono..

  3. sya dl biasax cr gongso ayam yg biasa mbak, bkn yg BABAT, dl dTembalang area Undip byk bgt yg jual gongso,
    bgitu pndah Kediri, wah gak ada, udah muter2 ttp aja gak ada yg jual gongso,
    apalagi skg pndh Madiun, susah jg carix

  4. asemmm, mau esuk bar mangan nasgor babat, nasgor ayam, ngombe teh panas mbek jeruk panas, entekke 41.000, dikepruk bakule aku ndaaaaaaaaaa..
    jebulo sak porsi ne 17.000, lha po nasgor neng MALL ??
    kelas pinggiran (kaki lima) tapi regone ngepruk….

  5. Hari ini 3 november 2015,
    Karena ada keperluan ke semarang saya jadi ingat telor gongso , babat gongso, nasi goreng babat tapi di siang hari yg maknyus. karena dulu pakdhe saya bekerja di kantor seberang warung ini jadi dulu waktu kecil pak taman menjadi idola saat ke semarang!

    Siang tadi saya dan keluarga ber 3 makan di pak taman , kebetulan yg ada keliatannya putri bu taman yg kurang ramah. Saya pesan :
    1 telor gongso (telornya bebek)
    1 nasi babat gongso
    1 nasgor babat
    6 telor gongso (bungkus)
    3 es jeruk
    1 krupuk udang
    2 karak
    1 emping pedas

    Dan ketika saya minta dihitung semua yg saya pesan totalnya Rp 174.500 ,-

    Wowwww setelah saya tanya 1 porsi telor gongso dadar rp 14.000,- dan 1 porsi hanya 1 biji telor

    Overall saya suka sangat sangat suka rasa dan masakannya di pak taman tapi hanya untuk informasi teman2 yg akan mencoba disini saya sarankan membawa uang lebih dan untuk saya pribadi its worth it (kalo pas uang lebih) dan mending enggak kalo lagi kantong tipis

Silahkan komentarnya disini... ^^

