Jalan-jalan Putri Keraton

“Hapunten pisan tos lami teu update blog. Rariweuh pisan…”

Ini nih, kalimat pembuka yang bikin roaming. Maksudnya, mohon maap lama ga update, karena lagi ribet. kekekeke…

Sedikit berbagi pengalaman, minggu kemarin saya liburan ke JOGJA. Perjalanan di tempuh naik motor selama 2,5 jam dari Semarang karena macet di daerah Magelang. Awalnya mau naik bus, tapi setelah dipikir-pikir ntar susah jalan-jalan disananya.

Tujuan pertama, ke rumah Mbah Putri di Godean buat ngelempengin badan yang nekuk terus selama perjalanan. Selanjutnya… JALAN-JALAN ! Ini nih agendanya:

Sabtu, 9 Juli 2011

1. Malioboro

Pastiiiii deh kalo ke Jogja mampir ke Malioboro. Tapi pas saat itu, karena musim liburan sekolah… AMPUUUUUN MACEEEETTTT…

Malioboro Malam Hari

2. Mirota Batik

Toko ini Jogja banget deh. Letaknya di utara Pasar Beringharjo. Kalo kesini siap deh jubel-jubelan sama turis dan wisatawan domestik untuk hunting suvenir hand made sampai batik. Sayangnya, pas saya hunting dress batik yang cantik banget harganya bikin sesek di dada. Maklum dari Sutera. kekekeke confused. Untuk oleh-oleh saya dapet cincin perak dan kalung manik-manik yang gambreng banget buat sahabat saya, Dian. Oh iya plus lilin aromaterapi jasmine dan Sandalwood <pas milih ini saya agak-agak khawatir jangan-jangan ini wangi sandal dari  kayu, kaya GETA: sandal khas Jepang> big grin

Di Mirota Batik, Nampang.

Minggu, 10 Juli 2011

3. Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat

Ini pertama kali saya main ke Jogja dan mampir ke Keraton.

Karena terlalu bersemangat saya datang kepagian. Bayangin deh jam 6.30 udah nongkrong di depan Benteng Vredeburg. Bingung arah mau ke keraton kemana. Belok kiri, kanan atau lurus.

Ada beberapa tukang becak juga yang nawarin untuk jalan-jalan rute Keraton-Dagadu-Bakpia —> Rp. 5000,00 tapi saya jual mahal. Padahal di hati kepengeeeeeen banget. Lama banget ga pernah naik becak. Setelah nyesel karena nolak tawaran tukang becak, mau gak mau  saya buka peta yang saya comot pas di Mirota Batik (berasa kaya Dora Eksplorer).

Mau Naik Becak : Jual Mahal

Ealaaaaah… ternyata deket banget cuy… tinggal lurus aja dah nyampe. Sayangnya keraton baru buka 08.30. Ya sudahlah, sarapan Gudeg dulu di deket RS. PKU Muhammadiyah.

Sarapan : Gudeg Telur

Horaaaaaay…. let’s enjoy Sultana Palace. Tiket masuknya cuma Rp. 3000.00. Really cheap..

Memberi Salam
Keraton Ngayogyakarta

4. Museum Kareta

Sama nih tiketnya juga cuma Rp. 3000.00, Untuk take photo, mo pake Hp, kamera profesional atau kamera pocket biaya tambahannya Rp. 1000,00. Disini bisa ngeliat berbagai macam koleksi kereta kuda yang digunakan Sultan dan keluarganya. Hmm… rata-rata buatan Belanda tapi masih kokoh semua. Kata guidenya ada yang dibuat tahun 1750. Namanya juga bagus-bagus, ada Kareta Kanjeng Nyai Jimat, Kareta Garuda Yekso, dan lain-lain.

Sebagai info, kareta-kareta tersebut setiap tahun dibersihkan melalui ritual yang disebut Jamasan. Yang menarik, tiap kali dilaksanakan Jamasan, Kereta Nyai Jimat harus selalu ditemani oleh sebuah kereta lain. Kereta yang menemani dipilih secara bergantian tiap tahunnya. Dalam acara Jamasan itu, semua yang terlibat dalam upacara harus laki-laki dan mengenakan pakaian adat Yogyakarta lengkap dengan surjan dan blangkon. Karena unik dan hanya terjadi setahun sekali, upacara tradisional ini tentu bisa menjadi atraksi tersendiri bagi para turis (Sumber).

Foto bersama Kareta... Cheeersss....

5. Istana Sultan ( Sultana Palace)

Saya kira cuma Keraton yang bisa dikunjungi, ternyata bisa juga masuk ke Istana Sultan. Tiket masuknya Rp. 5000,00 untuk wisatawan domestik. Disini bisa melihat foto Sultan Yogyakarta dari pertama sampai yang sekarang ini, kemudian ada  koleksi piagam-piagam, peralatan makan yang digunakan Sultan sampai baju, sepatu dan aksesoris lainnya.

Di Istana Sultan : Agak burem:mrgreen:

Yang paling menarik adalah pertunjukan tarinya yang dimulai sekitar pukul 11.00. Dibagi tiga sesi. Tapi saya hanya melihat sesi pertama dan awal sesi ke 2 saja, karena sudah harus kembali lagi ke Semarang. Hikss… hiks… crying padahal masih betaaah…

Sayonara Jogja…………  party

89 thoughts on “Jalan-jalan Putri Keraton

  1. iya mbener bgt emang….. pas kesana dulumenone juga gt macetttttttt…….. ehhh q juga foto lho mbah yg duduk bersila itu hehehehehehehehe…………………..

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  2. tah geuning nembe diupdet deui..hehe..
    Meni raos liburan..hmm

    wah jd inget wktu smp ke jogja, meskipun ketipu beli barang 2x..haddaww…

    Oleh”nya teh..hehee

    • Muhun seneng pisan liburan sakedap geu te nanaon lah… nu penting refreshing….

      kekekeke… geuning tiasa katipu kumaha caritana? waaah… mesti teu nawarnya?

      muhun iyeu sok dicandak oleh2na baju kotor sareng cape… hehehe

  3. Saleum
    ooww…. headernya dah ganti yak…??? keren deh.🙂
    acara jalan jalan yang seru tentunya mbak, pasti sesampai dirumah langsung capek kan..??? hahaha….
    saleum dmilano

  4. Assalamu’alaikum.
    Wah tentu semua fikiran jadi refresh kembali Mba..
    pasti seneng banget… saya yang dijogja malah belum semua tempat yang baru saja Mba kunjungi, terkunjungi …

  5. kalimat pembukana basa sunda suganteh bade ngabahas jawa barat .. eh pek teh jogja, teu nyambung ah … hehehe.

    seru yaa. jd pengen jalan2 juga deh, ntar ah mo backpack ke jogja sampe bali, asyik kayanya

  6. Pingback: Dieng Plateau

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s