Bayi Sudah Belajar Sejak dalam Kandungan

Sebentar lagi keponakan saya akan bertambah. Sebagai persiapan menjadi tante yang baik, *hehehe biasanya jahat sih batting eyelashes saya pun ikut-ikutan membaca buku kehamilan *ceilaaah tongue. Ternyata menurut buku yang saya baca bayi di dalam kandungan juga sudah mulai belajar. Apa sajakah itu? let’s check out…. big grin

  • Pendengaran

Bayi sudah mendengar sejak dalam kandunganBayi mulai mendengar sejak ibu hamil merasakan gerakan bayi untuk pertama kalinya. Suara yang sangat dikenali adalah suara detak jantung ibu. Bayi sangat familiar dengan suara ini. Karena itu, jika setelah lahir bayi ditempelkan di dada ibu, ia akan merasa tenang. Organ pendengaran terbentuk secara sempurna pada umur 24 minggu.

Sebuah penelitian menunjukkan, bayi yang dibiasakan didengarkan musik klasik dua kali 10 menit seminggu mulai umur kehamilan 20 minggu hingga melahirkan ternyata mengalami perkembangan intelektual lebih baik daripada bayi yang tidak didengarkan musik.

  • Penglihatan

Pengliahatan bayi mulai berfungsi pada umur kehamilan 25 minggu. Bayi bisa melihat apa yang ada di dalam rahim. Warna yang bias dilihat sementara hanya hitam , putih dan abu-abu. Warna lain baru bisa dilihat dua minggu setelah bayi lahir. Bayi dalam kandungan juga peka terhadap sinar dari luar menyilaukan mata, bayi akan menolehkan kepala untuk menghindari sinar itu disertai dengan meningkatnya detak jantung bayi.

  • Pengecap

Indera pengecap bayi mulai terbentuk pada umur kehamilan 24 minggu. Bayi merasakan perbedaan rasa melalui air ketuban. Air ketuban ini akan berbeda-beda rasanya sesuai dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena itu, jika saat hamil ibu suka minum jus apel, bayi yang lahir nanti juga akan suka jus apel. Bayi dalam kandungan juga bisa memilih jenis makanan yang dianggap tidak enak atau membahayakan baginya, yakni dengan cara memberikan rasa mual dan rasa tidak suka pada ibunya.

  • Penciuman

Mulai minggu ke-24 kehamilan, indera penciuman bayi mulai berfungsi. Ia akan belajar bau dari air ketuban yang berada disekitarnya.

  • Peraba

Indera peraba bayi mulai berfungsi terutama menjelang trisemster ke-3 kehamilan. Bayi akan memberikan respon berupa tendangan kaki atau gerakan tangan jika bagian perut ibu ditekan dan diraba.

Semoga bermanfaat ya sobat ^__________^

Sumber : Buku Solusi Sehat Seputar Kehamilan – dr. Hermawan W, Sp.OG, Ayu Bulan FKD, S.KM

39 thoughts on “Bayi Sudah Belajar Sejak dalam Kandungan

  1. kponakan nambah, jd klo lebaran badget nambah jg bwt ampau, haha…
    neh HaPe q tak isi byk musik klasik, jd klo dt4 krja sering dpnjem rekan krja yg lg HALIM gt,
    nice post…..usefull…

  2. Telat nih saya dapet infonya.
    Putra pertama saya masuk sembilan bulan sekarang. lagi belajar merangkak neng.
    Maksi infonya ya.

    • Sependapat dengan Halaman Putih karena bagaimanapun kedekatan antara ibu sudah dimulai sejak bayi dalam kandungan. Stimulus yang positif saat masih dalam kandungan pasti akan memberikan efek yang positif pula dalam kehidupan anak kelak.

  3. Makasih banget infonya.
    Saya belajar biologi pas sama bab tentang kehamilan ini.. Hehehe
    *langsung nge save page..

  4. saya amat setuju dengan yang pertama …
    PENDENGARAN
    cuman putra saya tidak menggunakan musik, sy ganti dengan mendegarkan al-quran
    hasilnya sekarang jika ada orang baca alquran dia mendengung seperti menirukan, kalau ada orang menyanyi dia serius mengamati heeeee😀😀

    • Alhamdulillah… ini juga saya sarankan pada calon keponakan, biar ibunya rajin mendengarkan shalawat dan alqur’an. Semoga putra mas Bchree kelak menjadi anak yang sholeh juga cerdas.
      Mungkin itu dia sedang menirukan mengaji, Subhanallah….😀😀

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s