Cara Aman Menghilangkan Bulu Ketiak

Inget iklan penghilang bulu itu ga yang sering nongol di TV? bahaya ngga sih? yang aman gimana yaa? nyuuk kita tengok…

Hayooo…. siapa ya nggak punya rambut? Walau cuma seuprit, pasti punya kan? nah rambut ini *orang Indonesia kebanyakan nyebutnya bulu. Padahal bulu itu kan adanya di unggas, tapi yo wes lah ga apa-apa… juga ada yang menghuni bagian tubuh tertentu. Apalagi bagi yang sudah akil balig… salah satunya adalah di ketiak.

Setiap bagian tubuh kita normalnya selalu ditumbuhi bulu-bulu yang berbeda beda pada setiap orang, ada yang lebat alias tebal, ada yang sangat tipis, sampai hampir tidak terlihat, yang sering dipersoalkan adalah pada gadis/wanita yang mempunyai bulu ketiak tebal atau lebat, sehingga susah dihilangkan dan merasa terganggu dengan bulu ini. Sedangkan pada pria/laki-laki tentunya bulu ini tidak menjadi persoalan.

Ada banyak cara untuk menghilangkannya termasuk cara tradisional yaitu dengan memakai merica dan kapur barus yang ditumbuk dicampur dengan minyak tanah, tetapi dengan cara ini bisa dipastikan bulu akan tumbuh lagi seperti semula. Bagaimana supaya tidak tumbuh lagi ?

Sebenarnya kenapa kok bisa berbeda pada setiap orang tebal tipisnya bulu itu, itu semua wajar karena pertumbuhan bulu itu dipengaruhi oleh hormon Testosteron dan pada wanita umumnya hormon itu selalu rendah.

Rambut atau bulu itu ibarat seperti tumbuhan yang mempunyai akar, jadi sebelum akarnya dicabut atau dirusak dia akan tumbuh lagi, jadi kalau cuma bulu dihilangkan pada sebatas permukaan saja tanpa merusak akarnya (seperti dengan pengobatan tradisional) akan tetap tumbuh lagi.

Untuk menghilangkan bulu secara permanen maka rambut atau bulu harus dirusak sampai akarnya, sehingga sel-sel rambut itu juga akan rusak dan diharapkan tidak tumbuh kembali lagi.

Caranya?

Bisa dengan Elektrolisis atau dengan laser, waxing, mencukur sampai menggunakan krim perontok. Tapi tahukah Anda, bahwa cara-cara ini sarat akan bahaya. Sebelum mengenal lebih jauh bahayanya, sebaiknya kita kenali dulu manfaat bulu ketiak.

Sarat fungsi melindungi

Selain untuk melindungi kulit dari kotoran dan bakteri. Bulu ketiak juga berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Tak hanya itu bulu ketiak berfungsi untuk melindungi organ vital yang berada di dekatnya, yaitu payudara.

Menimbulkan bau tak sedap

Pada ketiak terdapat kelenjar apocrine yang dihasilkan saat Anda berkeringat. Pada perempuan, aktivitas kelenjar ini akan hilang mulai saat memasuki masa menopause. Kelenjar ini mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine ini hanya berbau lemak. Tapi karena di setiap helai bulu rambut mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, akibatnya jika tidak dijaga kebersihannya bisa menimbulkan bau badan yang tak sedap.

Sarat bahaya

  • Dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan timbul banyak luka kecil tak kasat mata. Pori-pori di daerah ketiak juga akan membesar. Ini memungkinkan toksin dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak, dan krim akan dengan mudah memasuki kulit.
  • Perlu Anda ketahui bahwa daerah lipatan ketiak merupakan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Kalenjar inilah yang bisa memudahkan transportasi racun dan zat kimia dari luar tubuh ke bagian dalam tubuh, terutama ke payudara. Sehingga tidaklah mengherankan jika mencabut atau mencukur bulu ketiak selalu dihubung-hubungkan dengan kanker payudara. Selain payudara, kemungkinan racun dari luar tubuh juga masuk ke bagian tubuh lainnya seperti paru-paru, jantung, dan otak.
  • Saat mencabut bulu ketiak, tanpa disadari biasanya terjadi luka dan pori-pori membesar. Luka inilah yang memudahkan timbulnya penyakit, seperti radang, bengkak atau bernanah kemudian menjadi infeksi. Kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang dan iritasi terjadi terus menerus, bisa menyebabkan mutasi sel. Nah, mutasi sel inilah yang juga memungkinkan terjadinya kanker payudara.

Lebih baik digunting

Menghilangkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti waxes juga tidak disarankan karena resiko terjadinya kanker payudara sama besarnya dengan dicabut atau dicukur. Jadi lebih baik dipotong dengan menggunakan gunting kecil atau gunting khusus. Sebab dengan digunting resiko terjadinya luka dan pembesaran pori-pori tidak akan terjadi.

Sumbernya dari sini dan sini

12 thoughts on “Cara Aman Menghilangkan Bulu Ketiak

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s