Pilih mana, Talenan Kayu atau Plastik?

Jika Anda gemar memasak, talenan tentu merupakan salah satu alat memasak yang wajib ada. Gunanya untuk memotong atau merajang berbagai bahan makanan. Namun, untuk memotong daging mentah yang biasanya mengandung kuman, talenan dari bahan apa yang lebih aman digunakan? Betulkah talenan dari akrilik, plastik, atau kaca lebih baik?

Jangan lupa setelah dipakai, talenan dicuci lagi yaa....

Perdebatan mengenai penggunaan talenan dari kayu atau plastik memang telah lama terjadi. Talenan kayu umumnya lebih berpori, sehingga membuat bakteri mudah terserap ke dalamnya. Namun, ahli mikrobiologi dari Food Research Institute di University of Wisconsin mendapati bahwa kayu memiliki sifat alami pembunuh bakteri, yang membuat bakteri akan mengering dan mati dalam 3 menit. Sedangkan talenan plastik tak hanya akan membuat bakteri tetap hidup di permukaannya (karena sifat plastik yang keras dan tak berpori), tetapi juga menggandakan diri dalam semalam.

Untuk memotong daging mentah, The Meat and Poultry Hotline menyarankan untuk menggunakan talenan dengan permukaan yang tidak berpori. Talenan kayu boleh saja digunakan, tetapi sebaiknya Anda tidak memotong bahan makanan lain setelah Anda memakainya untuk mengiris daging. Tujuannya agar kuman atau bakteri dari daging yang tertinggal di talenan tidak mengontaminasi makanan lain, apalagi yang akan langsung dikonsumsi sesudahnya.

Untuk menjaga kebersihan talenan, Anda bisa mencucinya dengan air sabun yang hangat setiap kali habis digunakan. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan angin-anginkan, atau keringkan dengan tisu kertas. Talenan dari plastik, kaca, atau kayu yang solid, bisa dicuci di mesin pencuci piring.

Talenan kayu sebaiknya tidak direndam ke dalam air, dan harus langsung dikeringkan setelah setelah dicuci (karena bakteri lebih menyukai area yang lembab, bukan?). Talenan harus diletakkan dalam posisi berdiri di rak piring, dan bukannya mendatar.

Baik talenan kayu atau plastik bisa menjadi aus setelah lama digunakan. Begitu talenan mulai terlihat lapuk, di permukaannya banyak terdapat goresan-goresan bekas irisan pisau, dan retakan lain yang membuatnya sulit dibersihkan, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru.

Semoga bermanfaat……:mrgreen:

(Dari berbagai sumber)

46 thoughts on “Pilih mana, Talenan Kayu atau Plastik?

  1. pake talenan acrylic kalo motong daging dan ikan biar gampang nyucinya🙂
    dan biasanya keramik jadi korban kalo motong umbi bumbu dapur n co, tinggal lap kinclong lagi😆

    *bibi pasti ngedumel baca cerita ini🙂

  2. biasanya kalau saya sedang masak, lebih enak pakai yang kayu.
    karena selain aman dan kuat, telenan kayu lebih mudah bila digunakan untuk geprek bawang atau memotong tulang ikan. tinggal mak jrottttttt…brakkkk…

    kalau telenan plastik, biasa saya gunakan untuk memotong sayuran. kalau lagi bikin lumpia atau martabak, pakai telenan plastik.

    tapi setelah baca artikel diblog ini, muncul pikiran untuk mempraktekannya…

    oke, terima kasih infonya mbak.

    salam.

    • Rupanya rajin masak nih…
      kalo saya kadang apa yang ada dihadapan muka itulah yang saya pake.yang penting talenan.
      parahnya saya sering ketuker bagian atas sama bawah kalo pke talenan… jadi sering diomelin ibu karena bawang ato cabenya pada kotor. hihhhi

  3. wah, karena saya ibu rt (rumah tangga gitu, bukan pasangan pak RT) lebih cenderung pake talenan kayu, karena kata suami mendingan makan kayu ketimbang plastik,hehe.
    oya, salam kenal mba..blognya cantik (terutama bagi saya yg jarang blogwalking)

    • Hehehe….. blognya justru semrawut banget mbak karena jarang keurus. maklum mpok2 nyambi kuliah, hehehe…
      iya mbak dirumah saya juga ibu lebih suka talenan kayu, katanya enak dipake buat ngiris2, hehehe…

      salam kenal juga ya mbak…

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s