Sakura, cantiknya…..

Pas saya nonton film Jepang yang berjudul Kimi Ni Todoke, disitu ada salah satu adegan dimana ada bunga sakura yang jatuh dirambut Sawako. Hwoaaa… bunganya sangat cantik.

Berkali-kali saya tersepona dengan bunga  ini. Jadi makin pengen ke Jepang!

Saya upload foto-fotonya dari Mbah gugel yaah..

Oh iya bunga sakura juga ada yang berwarna putih. Manis yaa...

Sakura merupakan icon penting bagi negara Jepang yang juga sering diidentikkan keindahan dan kecantikan sehingga kata sakura dijadikan sebagai nama untuk nama perempuan yang melambangkan kecantikan dan keindahan. Selain itu, motif bunga sakura dapat juga kita temukan di berbagai-macam barang seperti pakaian (kimono), alat-alat tulis dan peralatan rumah tangga.

Sakura adalah istilah mekarnya bunga cherry di Jepang. Jadi salah besar ding kalo nyangka Sakura itu nama bunga. Kata terdekatnya, yaitu saku artinya adalah mekar (blossoms). Jadi, peristiwa mekarnya bunga cherry (cherry blossoms) varietas Prunnus serrulata disebut sakura dan entah sejak kapan bunga cherry tersebut menjadi bunga sakura.

Oya, bunga Sakura sendiri tidak hanya terdapat di Jepang lho. Di China dan di Korea juga kebanyakan Asia Timur lainnya juga ada mekarnya bunga Sakura.

Hanami

Di Jepang sendiri ada suatu tradisi menikmati bunga sakura (semacam piknik gitu) dengan menggelar tiker di bawah pohon cerri yang sedang mekar (sakura) sambil makan-makan dan bercanda ria bersama keluarga. Nama tradisi itu adalah Hanami. Jika ditelusuri sejarahnya,tradisi Hanami itu sendiri berasal dari periode  Nara (710-794 M). Hanya saja saat itu bukan sakura yang jadi objeknya, melainkan bunga pohon uma (sejenis cerry).

Bunga sakura pertama kali mekar di Okinawa, yaitu pada pertengahan bulan Januari. Di Kyushu bunga sakura mekar pada akhir bulan Maret, sedangkan di Tokyo bunga sakura mekar di awal bulan April. Di Hokkaido bunga sakura mekar bulan Mei. Mekarnya bunga sakura ini menandakan datangnya haru(musim semi) dan bertepatan dengan tahun ajaran baru serta masa penerimaan karyawan baru. Pada saat bunga sakura hampir mekar, di tv ada pemberitaan tentang perkiraan kapan bunga sakura kuncup dan mekar sempurna (mankai). Hari mekarnya bunga sakura sangat ditunggu-tunggu oleh orang Jepang.

Bunga sakura tidak hanya sedap dipandang, tapi juga nikmat diminum dalam bentuk teh bunga sakura, yang lebih dikenal dengan sebutan sakuracha. Oh iya bila suatu saat kita berkesempatan ke Jepang dan menikmati Sakura, daerah-daerah ini menyajikan Sakura yang sangat cantik.

1. Daerah Kanto

Tokyo: Taman Ueno (Distrik Taito), Taman Shinjuku (Distrik Shinjuku), Taman Sumida (Distrik Sumida), Taman Koganei (Kota Koganei), Taman Inogashira (Kota Musashino)

2. Daerah Tokai

Perfektur Gifu : Taman Usuzumi/ Neodani (Kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (Kota Kakamigahara), Kamagatani (Kota Ikeda)

3. Daerah Kansai

Osaka : Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo ‘70 Perfektur Hyogo : Taman Istana Himeji (Kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Kota Nishinomiya) Perfektur Nara: Taman Nara (Kota Nara), Gunung Yoshino (Kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Kota Yamato Kooriyama)

11 thoughts on “Sakura, cantiknya…..

  1. Sakura itu memang indah.😳

    Eh eh, katanya nih ya, bunga sakura bisa tumbuh subur di atas tanah makam. Jadi, pohon sakura tumbuh subur di atasnya orang mati…😯

  2. Sakuran Dalam Pelukan. Judul lagu Fariz RM.
    Marchei, ini postinganmu favorit saya. O ya, di Amerika juga ada. Diimpor cakokannya dari Jepang setelah perang dunia II, tapi daerahnya saya lupa. Jumlahnya juga banyak: satu taman!
    Salam dari bekasi.

  3. salam kenal mbak marchei..
    di rumahku ada pohon bunga sakura lho, tapi nggak pernah besar, kira2 tingginya sama dengan tinggiku. karena sering di pangkas. tapi bunganya kadang mekar kok. cantik, bergerombol.

  4. Permisi Gan, saya mau saling tukar Informasi, barang kali aj ad kawand2 yg sama2 hobi dengan saya yaitu pecinta tanaman jepang terutama pohon sakura,.
    di rumah saya dh punya 1 pohon sakura dengan tinggi 50 cm, saya beli dari kebun raya cibodas, setelah 2 hari pengiriman sampe jg Di Bontang,.

    bagi kawan2 yg punx ilmu untuk merawat sakura, saya sangat butuh,.bagi yg ingin saling bertaya ni no hp saya 0852 4671 2586,

    siapa tau kita bisa berbisnis sakura, coz 1 pohon sakura aj sangat mahal,.apa lagi yg langsung di datangkan dari jepang harga bisa jutaan,…
    sekian dulu ya,.makasih

Silahkan komentarnya disini... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s