Arti Nama

My Name is River

Ckckckck…. Lama juga yah saya hiatus. Begitu buka dashboard ternyata udah banyak comment yang belum bisa saya bales. Tapi yang bikin saya kaget, ternyata selama satu bulan hiatus, viewer blog ini hampir 500 orang perhari. Syukurlah… masih ada yang rela mampir bolak-bolak balik ke blog butut ini. hehehe… nyombong….

Menurut kalian apa sih arti nama buat kehidupan kalian?

Oke, saya kadang iseng mengetikan “Marchei” di mesin pencari google. Terkesannya narsis dan bodoh ya? hehehe, ternyata nama saya ada di page pertama, langsung terhubung dengan blog ini dan facebook, yang memang memakain nama asli saya. Horaaayyy….

Di lidah orang Indonesia, nama saya katanya aneh. Memboyong nama Marchei Riendra Devi, agak berat rupanya.

Waktu saya kecil, saya dipanggil Devi oleh ibu dan keluarga saya. Katanya pelafalannya mudah. Tapi begitu masuk SMP sampai sekarang, saya dipanggil nama depan saya, Marchei (dibaca : Marsei ).

Bila dibandingkan dipanggil dengan nama Devi, saya lebih menyukaidipanggil dengan Marchei. Rasanya unik dan beda.

Saya juga suka menyingkat nama saya menjadi Seikesannya sederhana ya???

Menurut bahasa dayak (saya lahir di Samarinda – Kalimantan Timur), Sei artinya sungai.

Iya, saya merasa saya seperti sungai. Saya mengalir maju dan terus berubah. Sifat saya pun lebih seperti air di sungai. Saya orang yang bagi sebagian orang sulit dipahami. Kadang juga saya berpikir, jangan-jangan saya memiliki kepribadian ganda??? hahahaha, karena dalam satu hari, saya mengalami banyak perasaan dan begitu mudah berganti.

Karena nama ini juga, sepertinya karakter air memerankan penting dalam kehidupan saya. Walau saya tidak suka mandi berlama-lama, tapi melihat sungai yang jernih atau laut yang biru membuat saya tenang.

Banyak orang yang mencintai langit, hujan, awan, bintang atau malam. Saya tetap mencintai sungai, seperti saya mencintai nama dan diri saya sendiri.

Kata-kata Shakespeare “What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” 
(Apalah arti sebuah nama? Andaikan kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi), tidak berlaku bagi saya. Nama adalah pencitraan diri, yang orangtua berikan.

Jadi, apa arti nama bagi kalian?

20 thoughts on “Arti Nama

  1. nama yg bagus mbak artinya juga bagus…

    saya suka statment diakhir postingan ini. orang tua memberikan nama pasti punya suatu pertimbangan dan harapan ,nama belakang saya Nur Viyanto kalo diartikan cahaya viyanto.viyanto sendiri perpaduan nama ibu&ayah saya Novi dan Giyanto.yang berarti lagi saya diharapkan menjadi cahaya bagi keduanya…Semoga saja bisa mewujudkan itu

  2. nama adalah doa seperti kata pak ustad , wah keren tuh hiatus tapi perhari bisa 500 kunjungan. artinya blognya di butuhkan banyak orang. Bila memandang sungai yang jernih akan banyak inspirasi yang akan timbul dan bagi seorang blogger maka tulislah apa yang ada di benak kita. Salam siang okeh saya mulai bw lagi neeh.

  3. Oh, Marchei dibaca “Marsei” ya?
    Kalo nama saya, Charifa, dibacanya “karifa”, bukan “carifa” apalagi “sarifa”. *kayak nama cewek kalo ‘sarifa’*:mrgreen:

    Arti nama saya? Febriasyraf Charifa
    Saya lahir di bulan Februari. Ashraf itu bahasa arab, artinya yang mulia. Charifa itu gabungan nama orang tua saya.😳

  4. penting banget dong
    udah banyak yg kenal saya dengan panggilan helga, halogaga, atau gaga
    kalo ntar diganti nama lain kayanya gamau deh
    soalnya juga nama dari pemebrian orang tua
    :p

  5. Tentu arti sangat berarti buat kehidupan ini, Dalam Al-Qur’an kita dilarang untuk memberi nama panggilan yang buruk terhadap orang lain…

    Nama adalah sebuah goresan Tinta Emas hingga ahirnya alam ini tiba…

  6. Gajah mati meninggalkan gading…
    Manusia mati meninggalkan nama…
    Dlm tradisi bali,pemberian nama yg syah trhdp bayi dilakukan stlah berumur 1bln7hari klender bali, dan melalui proses upacara sakral🙂
    Jdi,,nama adlh jatidiri ke-2 stlah fisik itu sndiri

  7. Hai Sei…..
    Wah namamu bagus sekali. Nama tengahnya samaan dengan nama saya.

    Nama saya Devy…..
    Dulu sempat nanya2 ke ortu arti nama saya, trus katanya “kamu dinamain Devy karena lahir di bulan desember” . Simpel amat si artinya, tapi saya senang… karena memang sebelum tahu arti nama saya, saya selalu berpikir kalau lahir di bulan desember itu keren. Apalagi saya tanggal ultah samaan sama mami, n mami juga bilang Devy itu hadiah Ulang tahun di bulan desember…
    makin senang deh dengan nama saya.

Silahkan komentarnya disini... ^^

